Silahkan ke link berikut untuk melihat pembuatan mesin jet terbaru saya.. Thanks
#Membuat Mesin Jet Dari Turbocharger#
#Membuat Mesin Pulse Jet Sederhana #
# UPDATE TERBARU # 11/06/2015
Untuk Perakitan/ pemasangan kali ini akan saya Tampilkan gambar detail pemasangan setiap part...
Ini foto hasil dari pekerjaan saya sendiri.. Part yang ada telah lengkap dan siap dirakit ...
Saat ini masih belum saya rakit... mungkin besok atau kalau ada waktu... soalnya butuh waktu untuk merakit ini menjadi sebuah mesin jet yang berfungsi seperti buatan pabrik... juga setiap part yang dirakit kan harus difoto untuk dimasukkan ke blog ini... Nanti kalau tidak disertai foto perakitan tiap part saya bisa bisa di protes para blogger pecinta mesin Jet... hehehhehhehehe....
Ditunggu Update selanjutnya ya... Thanks..... Bagi yang selalu menunggu dengan setia... hehehehhee..
Akhir nya mesin Jet ini sempat juga dirakit...
Ini komponen2 kecil yg diperlukan...
Kunci sok & obeng set
Ring per baja yang saya ambil dari sebuah adjust control valve.. fungsinya untuk membuat compressor wheel tidak mudah terlepas dari shaft nya... karena gaya tekan balik dari ring per itu sendiri... saya lapis 5 buah ring sesuai dengan jarak spasi antara Diffuser dan compressor cover..
Pasang bearing ke shaft tunnel beserta as nya...
Selanjutnya memasang Diffuser dengan baut ke Shaft Tunnel... ikat dengan kencang...
Memasang Ring per yang baja diatas tadi...
Setelah itu memasang Compressor Wheel... Ulir compressor mengikat kekiri berlawanan dengan arah jarum jam... dimaksudkan agar sewaktu Engine berputar ulir tidak lepas karena sesuai dengan arah ikatannya..
Menyatukan ring combustion chamber serta manifold... disini saya hanya menggunakan seng tebal yg di baut ke ring dilipat ke manifold dan kawat tembaga keras yg diikat saja... ( supaya lebih praktis maksud saya... hehehe)
Pemasangan Combustion Chamber yang telah komplit ke Nozzle Guide Vane dengan cara masuk press karena memang tanpa baut... bisa diputar kesana kesini menyesuaikan arah pipa manifold...
(untuk yg ini saya rasa tidak perlu sy jelaskan / kecuali yang sudah pernah merakit mesin jet sendiri)... Kemudian apabila telah masuk maka selanjutnya di pasang ke shaft tunnel yang tadi sudah di rakit dan di baut kencang...
Untuk spasi jarak antara Nozzle Guide Vane dan Blade Wheel saya pakai ring tembaga saja.. ( kalau ada stainless lebih baik )
Pasang Blade Wheel ke shaft.. Dan pasang ring ganjal spasi ke shaft kemudian ikat kencang... ( ring ganjal disini saya pakai bekas Bushing turbo... Dikarenakan derat yang memang kurang panjang... ini saya sengaja gunanya untuk meng adjust/ menyetel maju mundur Blade Wheel agar tercapai jarak yg pas... ( ini sangat berpengaruh juga, bila terlalu jauh jarak antara blade wheel dan Nozzle turbin akan tidak bertenaga alias loyo... terlalu dekat juga tidak bagus dan beresiko tergesek ) Dan spasi antara diameter Blade Wheel dan Nozzle harus rapat... menjadikan turbin lebih JOSS ( yg penting asal gak JONGOSS... hehehhee )
Dipasang Compressor Cover nya....Dan akan tampak seperti ini... Tinggal memasangkan Housing Jacket saja... Ini sudah yang paling gampang...
Pasang Housing Jacket...
Pasang Ring Adapter buat Thrust Nozzle ke Body Housing serta baut baut nya...
Akhirya selesai juga perakitan Mesin Jet mini buatan sendiri ini... Selama riwayat pembuatannya baru kali ini dia menjadi sesuatu yang lengkap yang sudah bisa dikatakan sebuah mesin Jet yang siap di uji coba untuk yang pertama kalinya...
Jangan lupa Like nya ya bro, mas , gan, pakde.... hehehehee
( kekurangan nya adalah saya tidak membuat kan lubang Glow Plug pada Housing dan Combustion Chamber , sehingga mau tidak mau saya membuat pengapian dengan korek api saja... / itu karena saya tidak membuat mesin Jet ini untuk sebuah pesawat RC / melainkan karena hobi saja.. dan juga saya tidak hobi bermain RC )
Nih Video pembuatan dan perakitannya silahkan dilihat...
#Update... Tgl 30/06/2015
#Pertama kemarin sy sudah sempat tes running dengan menggunakan gas juga bensin... hasilnya bensin yang digantung di jerigen dengan menggunakan keran mini buka tutup.. ( pengganti pompa elektrik) lebih bertenaga dibanding dengan yang menggunakan gas.. dugaan saya karena berbeda massa jenis sepertinya.. tetapi ada satu masalah yaitu disaat rpm yang sangat tinggi bearing yg di blade wheel tiba2 melengket tdk sampai beberapa menit.. dan test running tdk bisa dilanjutkan lagi.. mungkin karena jarak yg terlalu dekat dengan rumah bearing dan bearing menjadi pijar merah akibat panas yg sangat tinggi... ( untuk ini saya akan merancang ulang setiap bagian belakang nozzle guide vane dan blade wheel mengenai jarak aman untuk bearing, kemungkinan mesin jet akan memanjang sedikit di belakang dan juga seharusnya bearing bukan bearing biasa yg di toko2 melain kan bearing dengan rancangan khusus tahan panas dengan mempunyai ball yg banyak tentunya... kode bearing C3 keatas sangat disarankan.. ) ( bearing yg nge rem sangat2 mempengaruhi kecepatan turbin bila lengket maka sudah pasti mesin gagal berfungsi)
#Kedua blade wheel dan nozzle guide vane sudut kemiringan setiap blade nya kurang pas dan cara pembuatannya dapat saya katakan salah bila dengan sistem dipelintir seperti yang biasa anda lihat pada umumnya di internet... ( untuk ini sy punya solusi tersendiri )
Kesimpulan :
- Kipas turbin yg kita buat harus presisi bentuk dan ukuran serta tehnik pembuatannya.. sehingga turbin dapat bertenaga
- Walaupun turbin dapat berputar dengan mendapat bahan bakar akan tetapi turbin tidak akan dapat mengangkat sebuah beban aerodinamik dikarenakan oleh 2 hal diatas yg sy tuliskan...
Sementara jet akan sy permak bagian2 yg sy sebutkan diatas.. secepatnya akan di update... semoga waktu dan kondisi dapat mendukung untuk sy dapat melakukan sebuah perubahan kecil yg ternyata sangat menentukan dalam sebuah perhitungan tehnik mesin turbin jet...
Terima kasih bagi yg sudah berkunjung ke blog tehnik biasa dan sederhana ini... salam jet...
>>>>>Thanks For Watching<<<<<
Video test runningnya ditunggu Gan..
BalasHapusmasih belum sempat bro... soalnya lagi sibuak bgt... nanti mudahan ada waktu .... salam jet...
HapusMas info alamatnya dong...sy serius mau belajar tentang ini soalnya ada mau buat penelitian juga tentang mini jet engine. Mohon dibalas
HapusMas info alamatnya dong...sy serius mau belajar tentang ini soalnya ada mau buat penelitian juga tentang mini jet engine. Mohon dibalas
Hapustambaah mantep ae bro,.,.
BalasHapusaq ketinggalan jauh nie
ketinggalan apanya mas bro...
HapusMas, tolong dong Informasi cara Ngecor AS ama alat2 mesin jet nya, dan apakah jet nya udah sukses skrg ?
BalasHapuskalau ngecor sy liat kemarin tkg cor nya pake cetakan pipa besi 5 inci untuk diffuser nya dan yang rumah as bulat pakai pipa besi 2 inci.. terus bahan aluminiumnya di masak dulu di tungku setelah leleh baru dituang ke cetakan.. sy pake cara cor karena jauh lebih murah dibandingkan beli aluminium buta 4 inci... pake aluminium bekas kampas rem motor bahannya... jet nya masih sy permak dulu.. kmarin kurang bertenaga.. dan ada masalah sperti yg sy jelaskan diatas... kalau buat as nya banyak di toko bahan bisa beli centi an...
HapusKalau bisa Informasi Biaya seluruh Bahan, dan Mesin Seperti : Mesin Filling dll mas, karena saya masih belum mengerti hal ini, tp saya selalu terus untuk belajar.
Hapuskalau bahan bahan semuanya sy rasa gak sampai 500rb kmarin... turbo charger sy gak beli... cuman as, bearing pipa ac/ pipa kompor, aneka teko/ceret dan gelas stainless aja yg beli. untuk pengerjaan sy kerjain sendiri soalnya sy punya bgkel.. kalau ngecor aluminium sekitar 200rb an ongkosnya.. kalau kampas rem motor banyak yg bekas2 dibgkel2 motor,, tinggal cari tkg cor nya aja..
HapusSalam mas saya tertarik hasil karya mas irawan
HapusMas saya ada 3Jetsky yg gak terurus mesin nya mas, yg mau kasih kabar aja mahar nya terserah aj lah
Hapusom solusinya sekalian posting om biar tau juga
BalasHapusbelum sempat dikerjain lagi mas bro.. masih agak sibuk.. yg ginian sy kerjain klau lagi santai & punya waktu luang.. sekalian hitung ulang ttg kesalahan pada blade dll yg sy post di atas.. juga mesin milling sy lagi rusak.. skrg sy lagi pesan yg baru buat kerjaan di bgkel..
Hapuspenggunaan bearing keramik mutlak diperlukan karena koefisien muai keramik sangat kecil jadi bearing tetap bisa berputar pada RPM tinggi dan temperatur tinggi dan sistem pelumasan bearing sebaiknya ada...yang lain-lain menurut saya sudah OK...ada yang kurang bagus bahannya yaitu shaft tunnel yang terbuat dari 'alumunium cor' sebaiknya dari bahan 'alumunium durral' (ada di pasar rombeng Jatayu Bandung) scrap dari industri pesawat terbang nusantara...pengalaman saya running 5 mnt shaft tunnel ikut leleh...telah 5 thn saya berhenti utak-atik karena bearing keramik, centrifugal compressor wheel dan turbine wheel tidak tersedia di pasaran indonesia serta peralatan kerja yang jauh dari mencukupi...tadinya sih iseng-iseng untuk kesibukan di masa pensiun.....sekedar pengalaman saya.....
BalasHapusMemang sepertinya bearing keramik wajib sekali digunakan dalam sebuah mesin jet terutama pada ball nya, tp sayang karena mmg di daerah sy ini susah mencarinya.. dan bahkan tidak ada.. kalau untuk shaft tunnel mmg sy tdk ingin repot kemarin, karena tmn tkg cor aluminium, sebenarnya sih sy kehabisan bahan aluminium yg batangan yg biasanya dipakai untuk industri dan juga sy pakai dlm pengerjaan bubut.. makanya sy pakai sistem cor, dan juga sangat ada kelemahan pada metode pelintir blade yg sangat sering di perlihatkan di internet, tenaga turbin sangat kurang sekali akibat dari perhitungan jumlah blade dan ketepatan sudut kemiringannya... dan untuk pelumasan sy kira bisa dikatakan perlu dan bisa juga dikatakan juga tidak mengingat bahan bakar mesin jet RC hanya bertahan hitungan menit bila dimainkan tidak sampai ber jam jam... dan juga pada seri menengah mesin jet buatan pabrik tidak ada sistem pelumas yg seperti pada mesin jet pesawat transportasi sesungguhnya.. untuk jet RC sangat benar mereka menggunakan bearing keramik yg dapat bertahan dari panasnya suhu turbin dengan pelumasan yg minim .. di pengalaman sy turbin lengket setelah berjalan 5 menitan tp untungnya shaft tunnel ikut tidak meleleh seperti pada pengalaman saudara..
Hapuskesimpulan sy pada rakitan sy ini mmg sebaiknya menggunakan blade asli dan nozzle guide vane yg asli buatan pabrik agar dapat menyerupai jet pabrik serta bearing keramik yg dikhususkan untuk turbin jet.. sy lihat mmg ada buatan china di internet satu set turbin blade yaitu nozzle guide vane dan blade nya sepaket sekitar 250 dollar, dan untuk compressornya wheelnya bisa saja kita gunakan turbo pada mesin mesin diesel yg sudah umum dipasaran.. karena sama persi dengan mesi jet yg ada di RC mainan..
Terima kasih untuk masukan dan komentar nya.. Salam Jet
NGV + turbine blade buatan china 250 usd = 3500000 rp....apalagi buatan amerika atau eropa?.....wah gigit jari aja.....salam microjet.....
HapusMinta foto" bagian" mesin nya donk klo g gaambar tekniknya. Maaf ane masih newbie.
BalasHapussekarang bearing keramik dari cina udah banyak d jual secara online kok.
pasaran dalam negeri ada.....?
HapusMaksudnya bagian mesin yg mana? foto seluruh bagian bagian mesin sudah semuanya ada didalam blog ini kok.. hanya memang terdapat ganjalan kalau menuruti apa yg sy kerjakan dalam blog ini dan masalahnya sudah sy utarakan lewat blog ini... salam jet
Hapusuntuk gambar tehnik belum sy up load.. tp bila ada kesempatan sy upload kok... salam jet..
Hapusmisi numpang tanya,..klau kampas rem motor buat-
BalasHapusapanya bos...mohon pencerahan...
tidak ada hubungannya dengan kampas rem motor bro... hanya kita mengambil aluminiumnya saja yg tersisa dari limbah rem itu sendiri.. mungkin bro kurang lengkap dan terburu buru menafsirkan serta membacanya... coba di baca lagi bro..
Hapussalam jet...
Kalo Buat Hisapan udaranya mas d usahakan jarak Fan turbo sama penutup turbo Seminim mungkin ..Supanya Daya isap Udara lebih Baik ..dan pengkabut Bahan Bakarclebih Efisien ..Mas.. Ee Kalp mendapatkan ..turbo fan dmana mas kalo dapt yang rusah ngak paa juga asal fan sama penutup fang masih bisa digunakan
BalasHapusSoal ya saya pengen bikin Juga Mas
BalasHapusSoal ya saya pengen bikin Juga Mas
BalasHapuskalau jarak compressor wheel dan jarak cover memang harus sangat rapat.. harus di setel sepresisi turbo charger yg baru.. jangan kan mesin jet.. turbo charger diesel saja kalau jarak antara compressor wheel dan cover terlalu longgar pasti tenaga mesin jadi loyo.. untuk bikin mesin jet begini memang hanya 2 bahan utama saja yg di cari dari sebuah turbo charger.. yaitu compressor wheel dan compressor covernya saja.. bagian yg lain tidak usah digunakan.. di daerah sy sebenarnya gampang cari turbo yg sudah dibuang hanya saja dalam keadaan rusak.. dan juga saya sudah gak pernah service lagi turbo2 beginian.. yg saya pake ini adalah bekas turbo charger alat berat exavator pc 200 - 5 yg memang sudah tua dan memang sudah dibesi tuakan..
HapusMas nya jual gak itu mesin jet rakitan sendiri???
Hapussy gak menjual mas dan ini hanya share saja.... tetapi bila mas mau berusaha merakit yg seperti ini sy siap membantu sesuai kemampuan sy.. salam jet
Hapushttps://m.youtube.com/watch?v=5GmtAwqU1Wg in gan saya bikin mesin jet.. dengan turbo bekas... bikin gak rumulit cma pake pipa" bekas gak perlu pake bahan" yang rumit.. pake pipa besi saja semuannya karna titik didih besi diatas 1000 derajat c sedangkan pembakaran dibawah 600 derajat jadi gak bakalan meleleh dalam jangka waktu yang lama... dan juga sangat mudah membuatnnya gak perlu presisi.. saya bikin aja main kira" hehehe... tapi bekerja 100% dan tenaga dorongan yang dihasilkan sekitar 8kg full gas gan....( bisa ngedorong sepda biar jalan) thanks gan😆
BalasHapustentu sangat berbeda itu bro.. secara desain sudah jelas berbeda.. yang bro pakai itu turbo charger yang memang fullset bawaan pabrik.. dan juga itu teramat sangat berat.. turbonya doang 10 kg lebih.. belum lagi alat alat tambahan lainnya... sedangkan yang coba sy rakit disini adalah mesin jet semirip mungkin dengan yg aslinya seperti pada pesawat RC.. dengan berat gak lebih dari 1.5 kg saja.. buatan pabrik juga gak lebih dari 2kg dengan daya dorongnya 4 sampai 5 kali dari berat mesinnya sendiri.. thanks...
HapusHahaa emang bener gan pake turbo berat... daya dorong lebih kecil dari berat turbonya sendiri.. pengen bikin rancangan sendiri.. tapi alat dsini gak memadai.. sama buggetnya juga terbatas 😂 jadi langsung bikin dari turbo.... soalnya dari dulu kebelet mau bikin mesin turbine.... rencana saya mau bikin afterbunernya gan.. hehehe biar trustnya nambah 40%an..
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusVideo test run nya mana mas..
BalasHapusMas mau tanya buat dana pembuatan abis berapa juta heheheh , saya juga sangat berminat buat ikutan bikin . Terima kasih
BalasHapuskalau gak salah kemarin sekitar 600 ribu aja.. yang mahal malah teko stainles nya... kalau ngerjainnya dibengkel saya sendiri jadi gak bayar.. hehehe
HapusOh iya mas terima kasih , nanti kalo tidak sibuk saya coba bangun sendiri
HapusMas Irawan.. Sy trtarik sm bahasan mas,sy ingin mencoba untuk merakit sendiri,kira2 bahan/barang nya brp lama ya klo di kirim k Bogor...masalah biaya nya brp ya mas...terimakasih.
HapusOiya kalo lagi gak ribet tolong kirim rinciannya ke farhanagusta95@gmail.com terima kasih
BalasHapusSebentar lagi sy upload gambar tehniknya.. lengkap beserta ukuran2 nya...biar ada patokan skala ukuran buat yg mau bikin sendiri... hanya masalah waktu aja kok ok.... gak lama lagi kok .. soalnya sy masih bnyak kerjaaan...
HapusKang kalo di tempat akang masih ada turbo chargernya bisa gak di kirim ke bogor , kita bicarakan maslah harga lewat email ya . Terima kasih
HapusIya bang, banyak juga kok yg menanyakan perihal turbo charger pada sy cuman masalahnya ini barang kalau dicari susah amat... tp sewaktu dulu dulunya mah bnyak bgt turbo rusak yg sy dapat... ini service turbo juga lagi gak ada, kalau ada ntar biasanya tuh yg rusak berat bakalan dibuang aja sama yg punya.. & langsung sy ambil aja, kebetulan buat mesin jet kan hanya keong & compressor aja yg di pakai.. nanti lah di kabarin kalau memang sy dpt turbonya.. ( dulu sebelum sy berencana bikin jet banyak turbo yang sy besi tuakan jumlahnya sampai puluhan biji... yah namanya juga belum ada terpikir bikin jet waktu itu)
HapusMas saya minta upload gbr teknik nya dong..penginapan mencoba bikin..terima kasih mas irawan
HapusKirim lwt email ya mas..mryndiyndi@gmail.com,terimakasih sebelumnya..salam jet
HapusBang.. Gw juga mau doong rincian gambar teknik nya.. Kirim ke schofeld347@gmail.com yak baaang irawan..
BalasHapusThx
Best regards chilciel.
Bang.. Gw juga mau doong rincian gambar teknik nya.. Kirim ke dentcipto@gmail.com yak baaang irawan.. Saya juga lagi rancang.
BalasHapusThank's
Cipto
saudara mau gabung dengan saya membuat papan jet seperti film spider man 3 (harry osborn)?? , saya sangat tertarik dengan artikel saudara , semua pembiayaan dan peralatan apapun yang saudara butuhkan akan saya sediakan , Maukah saudara menginvestasikan kecerdasan saudara untuk dikembangkan bersama saya??
BalasHapusJika anda berminat silakan kirim pesan ke email saya!!
#sayaserius
dan saya Berdomisili Padang
Ide nya sangat menarik.. tapi sayang nya sy gak satu kota sama juragan.. andaikan berdekatan saya senang sekali bila bisa bekerja sama membuat hal2 seperti ini... mgkin termasuk membuat helikopter coaxial atau pesawat yg bisa kita kemudikan sendiri dengan menggunakan mesin bensin ber RPM tinggi,.. sy dukung bgt ide nya juragan..
HapusEmailnya?
HapusMas boleh minta pin bb nya?
BalasHapusdi fb aja yah masbro... sama aja kan.. hehehe
Hapusgan kenapa suara mesin jet sangat keras...? bisa kasih penjelasan!
BalasHapusOk masbro, sy akan coba jelaskan sesederhana mungkin yah... Sy ambil contoh sebuah kipas angin aja ya.. ibarat kipas angin yang mempunyai speed yg bisa kita sesuaikan, misal speed 1 sampai 3, tentunya semakin tinggi speed yg kita pilih maka semakin besar pula deru suara angin yg dihasilkan dari penyedotan dan pendorongan mekanis udara tersebut,itu hanya sebuah kipas angin yg tanpa pengkomressan oksigen dan pembakaran, nah apalagi sebuah mesin jet, tentu sudah gak bisa disamakan lagi dg sebuah kipas angin, di dalam mekanisme mesin jet terjadi pengkompressan udara yg sangat masif( menjadikan suhu udara yg dikompress lebih panas) sehingga memudahkan terjadinya pembakaran lalu di injeksikan bahan bakar tertentu kemudian dibakar, maka dapat dipastikan suara yg dihasilkan juga benar2 berbanding lurus (termasuk fungsinya sendiri sebagai sebuah alat pendorong yang hebat) dengan kinerja mekanis mesin jet tersebut , ini sangat sesuai dg hukum fisika dasar masbro, agak berbeda jikalau kita menerapkannya di ruang hampa udara contohnya angkasa , maka bukan mesin jet lah yang dipakai tetapi yang lebih pantas adalah sebuah roket, karena mesin jet tidak akan bisa work di lingkungan yg hampa udara yang sudah jelas gak bisa meresonansikan suara... demikin penjelasan singkat sy masbro... semoga berkenan.. terima kasih atas pertanyaannya..
HapusGan turbo bekasnya msih ada?
BalasHapusmas mau tanya nih..cara menghidupkan mesin jet turbin gimana ya?pake apa?apa pake compersor yang biasa di tambal ban? hehehe saya kurang mengerti heheh
BalasHapusbenar sekali sy hanya pakai kekuatan angin dari sebuah kompressor aja, karena memang gak dipasang dinamo start di engine nya.. kecuali yg asli buatan pabrik pasti ada starter bawaan yg ber RPM sangat tinggi, bukan dinamo biasa pastinya..
HapusGan angin dari kipas intage masuk kmna y
BalasHapusmaksudnya kipas intake apa ya? maaf, pertanyaannya kurang jelas.. jd sy gak bisa jawab..
Hapusuda lama mantengin youtube pake keyword "diy jet engine/homemade jet engine/dlll" yg uploadannya dari luaaarr negeri sampe banyak g tau artinya. Tak kirain diindonesia cuma aku yg gila mesin pesawat ternyata banyak juga yaa.. belum sempat utak atik bahan krna blum smpat pulang kampung.. cuma desain saja banyak coretanku..ni aku pesan compressor wheel + bladenya punya bekas traktor d7g.. salam jet engine
BalasHapussalam kenal .. moga bnyak yg bereksperimen dg model jet2 kayak begini biar pun sederhana lumayan nambah wawasan..
HapusHasil udara Dari kompresor wheel masuk semua k chamber apa nggak y?
BalasHapusya sudah tentu masuk chamber, jadi mau kemana lagi selain kesitu & diteruskan ke pembuangan setelah proses pembakaran..
HapusGan msih ada gk kompressor wheelnya
BalasHapusGan ukuran casing brp inch
BalasHapusDan kompressor wheel sma blade belakang gedean mna y?
Sangat tertarik dgn kreatifitas sodara semua, sebenarnya indonesia punya SDM yg tinggi, tinggal dri pemerintahnya mau mendukung apa tidak, sudah banyak hasil karya anak bangsa yg di beli pihak luar, dikenakan pemerintah kurang tanggap, smg smua ini bs ada selusinya, salam hangat buat semua.
BalasHapusmas Irawan aku juga minta dikirim gambar tekniknya ya ke agoenkraptor@gmail.com
BalasHapusaku bingung di desain combustion chambernya mas.
terima kasih perhatiannya.
Ini sudah bagus gan ... Ane salut sama agan .. Tapi ane cuman ada beberapa saran ..
BalasHapus(1) Harus ada desain berapa kompresi yang hendak ente buat. berapa RPM yang yang boleh dicapai oleh turbin. Terus .. berapa panas yang boleh di capai oleh turbin.
(2) Setelah itu karena ente masih belum menggunakan keramik di turbin, maka ada baiknya bilah turbin dipisahk dengan banyak pisahan dengan shaft. Karena tidak mungkin membuat turbin seperti jet besar, maka dibuatin ruang saja yang diantara shaft utama dan jalur gas turbin.
----------------
Ini adalah link yang cukup menarik untuk turbin miniatur
http://www.jetcat.de/
https://www.youtube.com/watch?v=I3jE-PXV-68
kebetulan memang link yg ente post itu memang saya sudah simpan berikut videonya beberapa tahun lalu, itu video yang menjadi salah satu acuan sy untuk merakit mesin jet ini... namun gak semua mengarah pada desain yang ada di link
Hapusitu, masih sy kolaborasikan dengan link2 yg lain sesuai dengan peralatan yg sy punya...
mas bahan bakar jet anda menggunakan apa,trus gimana cara mengukur kekuatan jet?
BalasHapuslalu gimana kalau bahan bakarnya menggunakan korek api bensol
saya disini hanya menggunakan bensin, kalau biasanya jet mini RC pakai kerosin, kalau mengukur kekuatan jet sy tidak punya alatnya
Hapustrus satulagi ni mas apa membuat mesin jet harus menggunakan rumus
BalasHapusSaya salut mas sama nt, baru nyari" refrensi nt malah udah tahap uji coba. Good job!
BalasHapusyang beginian sepatutnya di coba sendiri... salam
HapusBagus idenya terus kembangakan . . . Semoga berhasil. Saya sangat mengapresiasi usaha sodara irawan
BalasHapussemoga berkembang pemikiran umum ttg mesin jet di indonesia... salam
Hapusjs
BalasHapusMenarik sekali ne gan.kebetulan saya juga hobby mesin jet..dulu saya pernah bikin berkali-kali namun gagal terus. Maklum hanya menggunakan alat seadanya.. Nanti kapan2 saya mau main ke bengkel nya gan. Mohon izinya gan. Hehe...
BalasHapussilahkan datang... salam
HapusMana ini kelanjutannya om... di tunggu om
BalasHapussepertinya hampir gak ada waktu buat ngelanjutkan, mau lanjutkan tapi bnyak pekerjaan, jadi agak susah, mau bikin gambarnya aja gak sempat sempat
HapusSayang bingung pas pertama kali mutar turbinnya itu pake apa ya? Kan di dalam mesinnya ga ada motornya...
BalasHapuskalau cuman starter doang itu bisa pake angin dari kompressor, gak harus ada motornya, kecuali mau pasang di pesawat rc
HapusPak, untuk ukuran part partnya kapan mau di share?
HapusSalut... sangat menginspirasi.. kalo buat mesin jetski mekanisme hampir sama ga ya dengan mesin jet.. artinya ada udara atau air yang dimampatkan supaya semburannya kenceng... mohon pencerahannya mas...
BalasHapusKurang lebih sama pak, cara kerjanya mirip pompa pemadam... hanya memang berbeda kuantitas dan kualitas dalam desainnya ,sebaran air nya dan fokus nya dimanabjuga sudah diperhitungkan pak ,juga tenaga penggerak, ( yg juga rakus akan tenaga tentunya )
HapusItu masalah di pendinginan bearing mas ... coba di beri pelumas bersirkulasi mirip di turbo mungkin bakal bisa ngegas lagi rpmnya mas. Semoga bisa di pakek di RC. Penasaran videonya :-D. Good job mas
BalasHapusya benar sekali, dalam mesin jet kecil seperti ini faktor utama adalah pendinginan pada bearing, tetapi bearing yg sy gunakan hanyalah bearing biasa, makanya terjadi lengket yg sangat berpengaruh pada tenaga mesin, andai saja dari awal sy memakai bearing keramik sudah tentu tidak akan seperti ini hasilnya...
HapusKalo beli compresor wheels nya beli dimana ya? Saya udah muter muter ga nemu nemu
BalasHapusanda mencarinya dimana? pada dasarnya, mesin jet ini membutuhkan brang yg sangat umum ditemui pada mesin2 solar, contoh: mitsubishi hunter, serta truk2 bertenaga turbo diesel dll... selamat berburu...
HapusSalam kenal saya bangga sama mas2 bisa bikin jet engine ternyata orng indonesia bisa menjadi pesaing luar
BalasHapussalam kenal juga
HapusTerus kalo misal di pake buat rc, nanti motor buat muter turbinnya di taro di bagian mana ya?
BalasHapussepertinya anda masih meraba ya dalam dunia aero?? kalau saja anda memperhatikan situs2 luar negeri, maka anda tidak akan bertanya lagi ttg itu..cobalah anda search sendiri cara menghidupkan jet engine tanpa starter di youtube, nantinya pasti mengerti...
HapusDi indonesia blm ada yg jual compresor wheelsnya ya? Saya nyari dari purworejo jawa tengah sampe bekasi jawa barat ga nemu nemu
BalasHapusakan sy bantu kalau mmg tertarik
Hapusvideo test running nya saya tunggu mas .
BalasHapussayang nya waktu test running gak sy video kan, juga kan ada masalah di turbine ini, coba lihat komentar dari atas.. skrg mesin jet sudah sy bongkar , belum sempat ngerjain untuk penyempurnaannya, mesti harus ganti bearing keramik blade & ngv
Hapusoke mas , kalo udah kelar tolong di video ya .
Hapusohya mas mau nanya nih , kalo bahan bahan tersebut diatas diganti dengan bahan stainless bisa gak ya mas ?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBeli dong kalau boleh :( ntr saya tak belajar bikin pesawat jetnya ajah coz gak ada basic di permesinan bubut eh mas
BalasHapusgak mesti harus ngerti bubut mas ^_^ kan tinggal bawa ke tukang bubut aja supaya di bikin sesuai dg keinginan kita...
HapusSalam abg saya ada buat tapi tak boleh ran??
BalasHapusAda banyak faktor yg membuat jet gak bisa running, salah satu nya itu ada di penjelasan sy diatas
HapusKamu boleh tolong saya tak saya dah 1tahun buat tak jadi2, kamu boleh no tel
Hapusente orang mana? kalau indonesia maka gunakan bhs indonesia jgn pakai bahasa lain yg sy tidak mengerti jelas pertanyaan ente, sy ada akun fb yg bisa ente add kalau ente memang ingin dibantu
HapusSaya dari Malaysia K.L
Hapusbisa langsung ke fb sy kok, nanti akan sy bantu sebisa dan semampu saya...ok ^_^
HapusSaya ada add fb kamu nama ady
Hapussudah di add ya
Hapussalam turbo rc...gan ane mau bikin cuma ukuran kipas turbonya itu diameter brapa.....mohon infonya.mksh
BalasHapusyang saya pake ukuran 72 mm, udah kelupaan juga sih, soalnya lama gak lanjut lagi, sibuk bgt.. thanks dah mampir
HapusItu udah sempat berhasil dicoba kan pak?
BalasHapusArtinya saat starter dilepas masih mau muter dengan tenaganya sendiri (bukan melambat kemudian berhenti)
iya pas waktu starter ada tendangan, tapi lama2 tenaga hilang akibat bearing yg merah menyala..
HapusKomponen²nya itu dapet dri mana ya??? Ane juga mau nyoba buat...
BalasHapusKomponen²nya itu dapet dri mana ya??? Ane juga mau nyoba buat...
BalasHapussudah sy jelasin di atas dapetnya dari mana itu barang
HapusSusah cari turbo bekas harga mahal semua pusiing
BalasHapuspelan pelan aja mas gan nyari nya, coba ke tukang loak2 biasanya ada
Hapusmas gimana sistem bahan bakarnya
BalasHapusbahan bakar digantung tp ditambah membran seperti pada sepeda motor dg sistem buka tutup kran
Hapusdijual gak gan . punyanya agan?
BalasHapuskagak gan, soalnya buat belajaran kita semua se indonesia... hehehehe... kalau dijual apalagi yg mau sy lanjutkan gan?? suatu saat mau sy sempurnakan lagi dg memesan blade + ngv aslinya yg buatan china aja... itupun sy bertanya pada sellernya di ali baba masih kena 3 jt an belum bearingnya lagi... belum lagi pajak masuk ^_^
HapusCoba pke bearing yang ada di turbo gan.
BalasHapusTerus untuk tutup compresor whellnya di presisi lagi agar udara yang di sedot gak muter aja di skitar kipas,pling g kasi jarak 1mm dr muka compresor whellnya. Maaf gan aku juga msi belajar.
maaf sy koreksi ya masbro, turbo manapun didunia ini mana ada yg memakai bearing, semua sistem bushing dg pelumasan oli didalam nya, nah kalau yg sy buat ini memang gagal di bearing serta blade+ NGV nya, andai sy pesan buatan china satu set blade + ngv nya serta bearing keramiknya, bisa sy pastikan 99% work, hanya harga nya bisa menembus 4 jt satu set blade belakang dg bearing... belum lagi bayar pajak masuk ke indo... trims sudah mampir...
Hapusw'salam NGV tu barapa mc
BalasHapusyg jelas lebih kecil sekitar 2mm dari OD compressor wheel nya masbro...
Hapusmas klo mau belajar langsung sm mas bisa saya temuin dimana mas yaa
BalasHapuswah sy mah jauh mas bro... tinggal di kota kecil kalimantan, samarinda tepatnya...
Hapusmas irawan saya sebenernya nggak ngerti apa2 masalah jet engine, tapi saya geek masalah technology.
BalasHapusklo bersedia saya rela untuk nyumbang, walaupun ngga seberapa, supaya mas irawan bisa exist terus berkarya dan sharing video2nya yg menginspirasi orang untuk terus untuk tetap kreatif.
Iya bro, sementara sy off dulu berexperimen, masih bnyak kerjaan soalnya, nanti rencananya kalau lagi pas benar timing nya tepat sy pasti garap lagi ini jet sampai 100% work.. Maaf sebelumnya sama teman2 yg berharap untuk sy melanjutkan experimen ini... Rasanya mengecewakan juga
HapusKalo boleh tau apa merek glassnya bang dan berapa ukuran setiap glass yang abang pake... soalnya saya mau copy paste bikinan abang ni:) hihi
BalasHapusKalo boleh tau apa merek glassnya bang dan berapa ukuran setiap glass yang abang pake... soalnya saya mau copy paste bikinan abang ni:) hihi
BalasHapusNanti saya ingat2 dulu gelas nya, itu teko stainless lupa saya , barang nya juga gak tau kececer dimana... 😅 hahaha
HapusAsslmkum mas irwan..selamat siang :)
BalasHapussaya salut sm uji cobanya.. saya baca artikel sebelumnya katanya mas irwan sering servis turbo nya mobil truk yah??? kalau boleh minta tolong saya minta pesan compresor nya aja bsa gak mas?? sya jg mau bikin mini jet engine.. kalau ada bsa hubungi saya di 085842956640 sms/WA
Iya ada pubya temen mas bro, yang udah rusak
HapusMaaf gan,,, untuk lubang pembakaran kurang efisien, akibatnya api menjadi merah, coba gunakan teknik kompor minyak tanah, kenapa api nya bisa naik ke atas dan berwarna biru, itu untuk pembakarannya,
BalasHapusUntuk bagaian compresornya, saya fikir lubang udara dan tempat aliran udara kurang efisien, coba pakai teknik blander potong las, mata blander eligi, asetelin, dan karbit pastilah berbeda2, jika blander di tembak apinya pun akan berubah,,, good luck om,,,
Maaf gan jika sok tau.
Didalam nya sudah seperti itu, sama seperti aslinya kok yg sy rakit ini, soalnya sy juga sebelum rancang sudah liat engine jetcat juga seperti itu
HapusOm bikin semua itu biaya ya brp?
BalasHapusSaya jadi pengen bikin
Mas irawan .saya juga nyoba buat kaya pnya mas irawan.
BalasHapusSaya pnya kompresor whell nya bang.merek garret.
Heheh.tnggal minta sama abang aku.dia kerja d sTI work shop.heheh
Maaf jadi curhat.
Ane mau nnya gan.
Saya msh terkendala d nozzle guide vane nya gan.
Buat innernya dan outernya agan buat dari bahan bekas apa ya gan
Ane putar otak buat itu gan.
Dan masalah bearing.
No berapa ya gan.
Ane pake 6201 kaya kebesaran gan
Saya difusernya pake kipas rumah roller motor metic gan soalnya d daerah ku ta ada tukang cor gan..
Salam.
Balas ya gan
Inner outer nya pake bahan pipa yg dibubut, bearing ya usahakan ikutin ukuran yg banyak dijual di toko2 bro, pastikan pakai keramik, & kalau mau work harus pakai blade asli. Beli dari china banyak yg jual
HapusIya gan. Ni masih dipekerjakan gan.
HapusMasalah bearing saya masih nyoba tidak pake bearing keramik gan.
Saya lihat di yau tube dikasi pipa oli di shaft tunelnya gan pake bahan oli untuk sistem lumas nya. Klo gagal baru pakai bearing keramik. Karna bearing keramik harganya lumayan gan. He. Salam
Waduh bisa nih inspirasi bikin mobil terbang komersial dengan radio kontrol
BalasHapusUdh ad designnya tinggal rancang tapi sayang peralatan gk memadai-___- padahal boleh itu mesinnya
Kalau membuat blade turbin mesti harus pakai mesin milling 4 axis cnc, dan gak punya mesin yg mahal seperti itu. Salam kenal
HapusThank's gan atas ilmunya yg sudah mau berbagi. Kebetulan 1 thn belakangan ini saya sedang tertarik dengan dunia penerbangan. Dan sedang berencana untuk membuat pesawat aeromodelling jenis Jet Engine. Kalau boleh tau FB agan apa ya, buat tanya" masalah jet engine ini. Soalnya ane masih newbie dan masih perlu banyak ilmu" dari agan ini. Terima kasih sebelumnya.
BalasHapusFb sy ada di profile kanan atas blog, bila menggunakan versi wesite
HapusGan bisa buat jet pack ga ya itu jet engine nya?
BalasHapusKesimpulannya : kalo mau mesin jet bikinan work, harus pakai bearing keramik, sama turbin pabrikan yg udah pasti sangat presisi. Sampe sekarang pun blm muncul di blog ini video test run jet nya. Pasti karna memang kendalanya seperti yg sy bilang di atas.
BalasHapusBETUL SEKALI!, harus pakai bearing keramik & blade asli pabrikan, karena secara teknik memang tdk mungkin untuk membuat blade wheel dengan menggunakan alat2 sederhana, harus mempunyai banyak daun dalam satu lingkaran penuh 360 derajat yg mutlak harus di bagi secara presisi antara daun & daun dg menggunakan CNC terintegrasi, sedangkan teknik membengkok kan blade dengan manual hanya bisa mendapatkan sedikit daun blade yg umumnya berjumlah genap atau ganjil akhirnya terlalu banyak ruang antara daun 1 dg lainnya, mengenai video tidak sy upload di blog ini dikarenakan sewaktu test tdk sy rekam, & juga percuma direkam kalau hasilnya tidak sesuai harapan sy. Permasalahan & solusi sudah sy cantumkan di blog bagian akhir posting sy. Terima kasih
HapusKira kira kekuatan mesin jetnya berapa ?
BalasHapusassalammu'alaykum mas, ada kontak person gak? saya mau tanya2 tentang ini semua.. bisakah?
BalasHapusMaaf baru bls, jarang aktif lagi soalnya, di fb aja mas bro
HapusFb nya saya cari gk ktmu mas..hehe trtarik aja liat mini jet smpai 10rbuan rpm
BalasHapusKalau android paling bawah halaman, kalau versi web kanan atas, salam kenal
Hapus