Kamis, 30 April 2015

Membuat Mesin Turbin Jet Sendiri / Homemade Jet Turbine


 Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih kepada semua orang yang telah berkunjung ke blog yang sederhana dan tidak ada apa apanya ini untuk tetap menjadikannya Blog teratas dalam mesin pencarian Google berbahasa indonesia tentang cara " MEMBUAT MESIN JET"  Semoga Blog ini menjadi Blog dengan artikel pelopor utama tentang pembuatan Mesin Jet mini  diseluruh Indonesia... Salam Jet....




Silahkan ke link berikut untuk melihat pembuatan mesin jet terbaru saya.. Thanks

#Membuat Mesin Jet Dari Turbocharger#

#Membuat Mesin Pulse Jet Sederhana#




 #UPDATE TERBARU #08/06/2015
 Pembuatan Part telah selesai alias sudah komplit / Complete Part


Baru baru ini saya sangat penasaran untuk membuat sebuah mesin turbin mini yang notabene harganya saya lihat cukup mahal... Dari kecil saya memang menyukai cara kerja mesin2 pesawat... Hanya saja baru sekarang saya mempunyai waktu sedikit sedikit untuk merencanakan sebuah pembuatan mesin jet, dikarenakan kesibukan pekerjaan di workshop... Jadi saya akan memulai dengan menjelaskan satu persatu bahan bahan yang dibutuhkan pada pembuatan turbin ini...

 Sebenarnya gambar master plan dari mesin ini sudah saya buat detail beserta skala dan ukurannya  cuman nanti saja saya update berkala jika pembuatan part engine nya sudah komplit semua...

Ok langsung saja, pertama tama kita membutuhkan sebuah turbo charger beneran yg sudah tak terpakai lagi, disini saya menggunakan turbo punya truk dengan merk Garrett yang memang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, kebetulan saya punya beberapa buah, itu karena saya memang terima jasa servis turbo di workshop saya.. Jadi untuk yang satu ini saya tidak ada masalah..

Berikut Gambarnya :


Kemudian keong Intake kita potong.. jadinya begini


Selanjutnya dibubut sekelilingnya dengan ukuran yg sudah kita setting sebelumnya:

Ingat yg dipakai hanya kipas intake dan keong aluminiumnya saja, keong yang besi output  tidak dipakai beserta As nya... Maka secara otomatis kita sudah menyelesaikan yang namanya Compressor Cover dan Compressor Wheel nya.. yang menurut saya paling mustahil di buat memakai peralatan milling atau bubut sederhana dikarenakan bentuk kipas yang meliuk liuk...

Selanjutnya saya masih mengerjakan Turbin blade yang dibelakang beserta Nozzle Guide Vane nya (mereka saling bergantung satu sama lain sistem kerjanya) ...  dan untuk Difusser depan juga rumahan bearing saya masih menunggu teman saya selesai mengecorkan dari bahan aluminium padat, dengan diameter 110 mm x 25 mm... Kalau sudah selesai pasti saya upload detail gambar dan hasil pengerjaannya...


update lagi...

Setelah nunggu lumayan lama akhirnya bahan yg di cor sudah jadi

 # Compressor Cover  Status = Selesai


# Bahan bahan untuk membuat Housing Jacket, Thrust nozzle, Combustion Chamber:

Disini saya menggunakan barang yang sangat umum dipasaran.. Yang pastinya sudah tidah asing bagi kita semua.... : 

Dari pada saya harusbeli dan ngerol plat stainless di tukang teralis yang pastinya bisa lebih mahal juga kemungkinan kurang rapi mending saya beli jadi aja.. Teko minum, termos air panas, gelas tirus/ kerucut, dan gelas stainless...kebetulan ukuran yang saya inginkan persis sama dengan barang2 diatas,  juga saya bukan bengkel teralis dan gak punya alat rol... hheheeeheee
Yang pastinya keluar modal dikit lah... 

# Combustion Chamber  Status = Selesai
Pembuatan Ring Combustion untuk dudukan injector serta manifold..  Ini juga berfungsi sebagai penyatu antara combustion chamber dan nozzle guide vane..




 Disini saya memakai gelas stainless diameter 100mm untuk outter nya dan Termos air panas stainless untuk inner nya...
Setelah itu saya buat mal dari kertas yang sebelumnya sudah di buat jalur jalur khusus untuk di bor, besaran bor juga bervariasi antara 2 mm sampai 6 mm.. ( sekali lagi maaf saya tidak akan menjelaskan disini tentang penentuan jarak dari titik ke titik dalam menentukan rumus mata bor berapa yang dipakai pada Combustion Chamber yang sudah pasti rumit dan panjang, kecuali anda langsung datangi saya kemungkinan akan saya jelaskan )  yg bertanda silang pada kertas itulah yang di bor
Untuk pembuatan inner nya sama dengan cara diatas..


Bila keduanya telah selesai maka harus disatukan dengan melubangi bagian bawah gelas outter sesuai dengan diameter luar dari inner nya lalu di las.. ( alangkah baiknya bila ada las titik, namun saya tidak punya,,)

# Ring & Chamber Pipe Status = Selesai
Disini saya gunakan pipa 1/4 inci punya restant solar mesin kubota yang saya potong dengan panjang 7,5 cm dan ujung nya dimekarkan dengan alat flaring... 




Setelah seluruh pipa telah jadi sekarang tinggal mengebor ring dengan 6 buah lubang yang telah dibagi, lubang bor menyesuaikan dengan diameter pipa kemudian di las...



Fungsi dari pipa yang dimekarkan dengan flaring adalah untuk membuat nyala api melebar merata seperti pada kompor gas...

 
# Manifold & Injector  Status = Selesai

Disini saya menggunakan pipa AC tembaga ukuran 1/4 inci untuk Manifold nya dan untuk Injector needle nya saya pakai pipa tembaga lubang 1mm punya kompor minyak tanah yang biasa di pakai tukang nasi goreng... hehheehee bercanda dikit lah...  
( pipa tembaga sebenarnya tidak saya rekomendasikan untuk membuat injector dan manifold dikarenakan terbuat dari tembaga yg titik didih nya dibawah bahan kuningan, sebenarnya jauh lebih baik jika ada kuningan, namun saya kesulitan mencarinya.... maklum lah saya tidak tinggal dikota industri seperti surabaya atau jakarta )

  Untuk pipa kecil yang berfungsi sebagai injector saya potong sekitar 3 cm, dan untuk manifold saya bagi menjadi 6 buah lubang bor yang akan dimasukkan pipa kecil sesuai diameternya, kemudian dilas dengan kawat las  perak pipih segi empat  batangan yang biasa dipakai di tukang AC...


Terakhir saya coba cek dengan gas untuk mengetahui apakah ada lubang yang buntu, mengingat lelehan pengelasan bisa saja masuk menutupi lubang injector akibat dari brander yang terlalu besar apinya... saya bersyukur setelah dicek ternyata tidak ada yang buntu...
# Housing Jacket  Status = Selesai

Ini dia si teko minum ajaib heheheheee.... kita potong teko sesuai ukuran....  jadi nya seperti ini... lubang pada teko untuk tempat masuk Nozzle Guide Vane... nanti artikel ke dua tentang pemasangan


 

# Thrust Nozzle   Status = Selesai
Sebenarnya ini sih tinggal potong doang di dasar gelas  dengan hasil potongan ujung tirus yang kecil sekitar diameter 55 mm....


 Ini sudah selesai karena hanya dipotong ujung nya...
 # Ring Adapter / Untuk Thrust nozzle  Status = Selesai
 
# Shaft Tunnel / Rumah as bearing   Status = Selesai







# Compressor Difusser  Status = Selesai


Selanjutnya di mal kertas.. disini saya membuat jalur udara sebanyak 12 buah...
Ditandai dan di  bor milling... 
Selesai milling 12 jalur udara dipotong gergaji sesuai dengan ukuran... ( saya tidak akan jelaskan cara membagi jalur udara & menghitung rumus compressor wheel/diffuser wheel nya serta besaran kebutuhan pasokan udara dalam turbin ini disini.. karena sangat panjang dan bertele2 juga melelahkan... hehehee )


Buang atau potong bagian yang memang harus dibuang, saya gunakan bor untuk membuang bagian bagian ini, setelah itu tinggal dipatah pakai tang..Selanjutnya rapikan pakai kikir...
Hasil akhir akan seperti ini...

4 buah lubang yg diatas itu fungsinya untuk megikat/ memasang pada shaft tunnel nya saat perakitan..

# Blade Wheel   Status = Selesai
 Yang ini saya yakin semua sudah pada tau cara membuatnya 
Setelah itu di mal, saya bikin 20 daun kipas aja..
Dipelintir kira kira 30 derajat kemiringannya;
Ditekuk dan digerinda biar angin tidak tertahan di sisi sisi blade nya;


Note: Sebenarnya lebih baik menggunakan bahan stainless untuk membuat ini, dikarenakan titik didih stainless sangat tinggi tidak mudah meleleh serta tidak berkarat... ( sy gak punya bahannya ) Alangkah baiknya bila sesudah pembuatan blade ini  dilanjutkan dengan balancing  ( seperti pada spooring ban mobil)... agar tidak terjadi getaran di Body turbin selama perputaran RPM yang sangat tinggi... buatan pabrik dapat menembus angka 120.0000 RPM dialat penghitung kecepatan yg ada di display ( saya gak punya alatnya), guncangan yang tidak diperlukan mengakibatkan bearing, Shaft / shaft tunnel cepat hancur...

# Nozzle Guide Vane  Status = Selesai
Inner Cone / bagian dalam
Saya membuat 12 buah daun kipas untuk yang ini... Untuk daunnya saya pakai pipa seemless schedul 40... dengan diameter 40mm dan dipotong sesuai ukuran... sudut kemiringannya -+ sama dengan blade wheel 
Lagi lagi saya tidak akan menjelas kan disini cara membaginya... terlalu ribet dan panjang... selanjutnya daun daun kipas disatukan dengan Inner Cone dengan cara di las... jadinya seperti dibawah ini..
Dirapikan dengan gerinda ...
Pembuatan Outter Cone ...

Outter Cone dan Inner Cone  serta daun daun telah terpasang di Inner Cone, sekarang tinggal menyatukan keduanya dengan cara yang sama yaitu dilas...

Saya coba satukan dengan shaft / shaft tunnel serta blade wheel nya..

Note :
Sebenarnya lebih baik menggunakan bahan stainless untuk membuat ini, dikarenakan titik didih stainless sangat tinggi tidak mudah meleleh serta tidak berkarat... ( sy gak punya bahannya )

Nozzle Guide Vane ini adalah bagian yang tidak boleh tidak ada dalam sebuah mesin jet turbin karena perannya dalam menendang blade wheel menjadi tenaga pemutar turbin setelah udara panas yg dimampatkan oleh compressor wheel melalui lubang2 pada Combustion Chamber lalu di bakar disertai dengan penyemprotan fuel..
.Angin atau aliran udara yang dihasilkan dari perputaran compressor wheel melalui Difusser sebenarnya seperti angin tornado yg berputar deras menuju lubang pemampatan di combustion chamber... menyebabkan suhu udara meningkat tajam lalu dibakar... sama seperti mesin piston yg dari TMB menuju TMA lalu dibakar dan terjadi ledakan... dari ledakan dihasilkan sebuah daya...

Bisa dikatakan jika ada seseorang membuat mesin jet tanpa adanya benda ini maka yang ada adalah sebuah mesin jet yang gagal berfungsi.. Sedikit penjelasan dari saya... 

Penampakan Keseluruhan
 Seperti ini bila sudah terpasang .. saya memasang hanya untuk menentukan titik bor pada housing untuk perakitan.... Sampai sampai merk teko dan gelas nya pun masih nempel ketat disitu... hehehehhee.....

Selesai seluruh part.... THANKS...


Sengaja saya hanya meng upload foto2 secara garis besarnya saja, dikarenakan pembuatan setiap part yg sangat rumit dan setiap part jika diposting mendetail akan menyertakan foto yg jumlahnya ber puluh puluh.. yang tentu akan memakan bandwith... jika ingin bertanya atau apapun bisa lewat email google..
 Fb  https://www.facebook.com/irwan.cool.777
Saya juga penggemar berat Star Trek...  yah karena hobi... hehehheee

Tinggal sedikit lagi part yang dibuat akan lengkap semua, selanjutnya hanya tinggal merakitnya.. semoga saya punya waktu untuk merakit mesin jet ini... Perakitan akan saya buat artikel kedua yang berbeda nantinya, karena yang ini sudah terlalu panjang...

Kini saat nya saya membuat artikel ke 2 tentang perakitan setiap part diatas Juga nanti ada artikel ke 3 untuk memuat master plan dari seluruh gambar kerja part lengkap dengan ukurannya.....  Silahkan ikuti terus sampai finish  jangan sampai ketinggalan nanti anda tidak dapat ilmu....... heheheheee...

Silahkan lanjutkan ke artikel ke dua tentang perakitan...

 Perakitan Mesin Jet / Installation Jet Engine ( Homemade )

51 komentar:

  1. Balasan
    1. Untuk difusser, as turbine, rumah as ( shaft tunnel), nozzle guide vane dan lainnya sudah selesai dikerjakan.. cuman belum sempat upload.. mungkin bentar lagi bro..

      Hapus
  2. sangat menarik dan informatif kontan dari blog anda Om,salut saya..salam kenal ya

    BalasHapus
  3. Ssalam kenal gan.
    Untuk skla ukuran pembuatan berpa gan.kalu boleh d updet gan,kalau ad gmbr tekni ya sekalian ..heheheh...pingin tahu lbh jelasnya.dan lebih detailnya.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan di update bro ukuran ukurannya di artikel ke tiga... gambar teknik nya belum sempat di foto

      Hapus
  4. kalo las wheel as turbo yang rusak bisa nggak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya wheel nya apa shaft nya gan? kalau wheel itu ada 2 yang aluminium untuk intake dan yang satunya untuk exhaust... jadi yang mana nya gan....? kalau ternyata shaft nya.. itu bisa di las... tapi tdk boleh langsung.... sedikit dikit di tekwell aja.. kayak di titik las ... tdk boleh sampai panas gan shaftnya nanti ditarik las shaft langsung bengkok.. las itu sifatnya kalau dingin pasti narik gan... dia nyusust, kalau ngelas shaft harus sabar... bisa setengah harian... semoga membantu...

      Hapus
  5. Kalau pesan jadi ,satu biji di jual brapa ??

    BalasHapus
  6. Kalau pesan jadi ,satu biji di jual brapa ??

    BalasHapus
  7. Kalau pesan jadi ,satu biji di jual brapa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf pak.. sy gak ada niat menjual dan ini hanya sebagai bahan pencerahan dan pembelajaran saja untuk para pecinta mesin jet Rc khusus di dalam negeri... kalaupun sy berniat menjual tentu part inti seperti Nozzle guide vane gak akan sy bikin dari nol... langsung saja sy beli NGV serta bearing keramik buatan China yg tentu sudah pasti bisa berfungsi.. dan dipasang ke mesin rakitan seperti ini.. sekali lagi ini hanya sebagai sarana pembelajaran pak... Salam jet..

      Hapus
  8. Saluut saya aja masih dalam benak belom terlaksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat terlaksana apa yang diinginkan masbro.. sy hanya membagikan secuil pengalaman buat saudara2 yg pehobi mesin jet di tanah air... semoga thread ini dapat sedikit membantu buat pencerahan tentang sebuah mesin jet mini RC yang selama ini identik dg sebuah kata " mahal sekali "... salam jet ....

      Hapus
  9. share juga video saat menyala dung biar makin mantap hasilnya

    BalasHapus
  10. ternyata lebih susah bikin compresor contifugal daripda axial yah... tp anda beruntung punya turbocharge bekas mobil. jd lebih mudah membuatnya.
    .

    BalasHapus
  11. Terus terang kalo saya sih masih bingung sama mesin jet nya, pertanyaan saya itu kan poros as bisa berputar karna ada laher nah skrg pertanyaan saya yg menggerakan poros as pertama kali itu pake tenaga dinamo motor atau pake tenaga apa gitu gan mohon pencerahan nya gan saya kan masih belajar dan pengen tau juga

    BalasHapus
  12. Terus terang kalo saya sih masih bingung sama mesin jet nya, pertanyaan saya itu kan poros as bisa berputar karna ada laher nah skrg pertanyaan saya yg menggerakan poros as pertama kali itu pake tenaga dinamo motor atau pake tenaga apa gitu gan mohon pencerahan nya gan saya kan masih belajar dan pengen tau juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy akan berikan jawaban sesederhana mungkin, yang memutar turbine jet kecil ini bisa apa saja asalkan memang mampu memutar si turbine ini dengan RPM minimal dari yg dibutuh kannya... nah disini umunya orang menggunakan tenaga angin atau kompressor untuk sebagai pengganti motor yg berfungsi sebagai starter nya.. berikut saya berikan link nya biar ente paham sendiri tentunya, karena kalau dijelaskan terlalu bertele tele.. silah kan lihat link dibawah ini sebagai contoh menghidupakn jet engine tanpa motor starter..


      https://www.youtube.com/watch?v=uDRiqkJkETQ

      Hapus
  13. Mas saya juga ingn merakitnya.. bisa bantu di jlskan bagaimana sistem kerja mesin itu sndri dari setiap alur bahan bakarnya dan bgaimana proses sampai bisa menghasilkan tenaga jet sekuat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau teori mesin jet dan sistem kerjanya sy rasa tinggal googling aja, teori nya sudah sangat jelas di google, tinggal mempraktekkannya yg langka di google..

      Hapus
  14. kerenn.. habis brp tuh..
    ditunggu updatenya..

    BalasHapus
  15. keren gan, jd pngen blajar, tp ky nya pusing, hehe,

    BalasHapus
  16. Salam jet mas bro.. kbetulan ane krja di bengkel turbo charger di jkrta. Tp sumpah gk prnh trfikirkn untuk buat mini jet sprti ini. Saluuuuut...

    BalasHapus
  17. Salam jet mas bro.. kbetulan ane krja di bengkel turbo charger di jkrta. Tp sumpah gk prnh trfikirkn untuk buat mini jet sprti ini. Saluuuuut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam jet bro... moga dengan adanya blog beginian makin rame aja yg mau nyoba2 sambil belajar ttg mesin jet... kali aja ntar ada yg bisa berhasil 100 %, disini sy hanya merakit yg sederhana aja dulu biar nantinya bisa sebagai bahan acuan dan perbandingan untuk pecinta jet amatiran kayak saya...

      Hapus
  18. Qual o tamanho do tunel Shaft Tunnel e do Eixo, qual quais as dimensões de sua turbina, teria as medidas do projeto?

    BalasHapus
  19. Mas nama fbnya apa tolong dong saya mau belajar juga

    BalasHapus
  20. kalo saya sicuman alatnya saja yang tidak memadai.
    ilmu mah sudah dapat dari berbagai sumber.
    salam jet

    BalasHapus
  21. Mas bisa minta ukuran atau site plans nya.....

    BalasHapus
  22. Boleh kirim gmbar tehnikny lengkapny gan, via email densbrigado@gmail.com sya minat merakit jg nih

    BalasHapus
  23. mas, saya tertarik mengerjakann ini.... bisa tuntun saya dari awl mas... karna ini bisa saya jadikan bahan tugas akhir saya D3 teknik aeronautika

    BalasHapus
  24. Wah.. Hebat..
    Maunya sih pingin belajar tentang cara membuat alat pencacah tanah hingga halus sekaligus pembuat parit,
    Untuk pembibitan sengon solomon jaguar.
    Telp. 085649004535 , 081249757424

    BalasHapus
  25. Jgan ngimpi bisa ngebuat mesin jet segampang itu kalo ga punya bengkel ^^ saran ane mending beli part jadi aja. Salam jet ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, saran sy mending beli part jadi yg buatan china, tidak sampai 5jt , lalu dirakit sendiri. Pasti work

      Hapus
  26. Gan bisa buatin ane ,kipas turbo?
    Ini ane ada contoh nya,
    Tks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kipas turbo gak bisa dibikin dg alat bubut biasa, mending beli yg sudah jadi. Ngawur juga ente ini.. hahahaha

      Hapus
  27. mas bro, kebetulan saya baca blog https://captainlords.blogspot.co.id/2013/09/jet-engine-rc-homemade-pembuatan-blade.html?showComment=1502278345123#c2366180298415400824

    ada comment sy di sana, kalo blh mohon di response,
    kebetulan ane bkn org engine, tp interested bgt dng micro jet engine, mohon bantuan gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu blog bukan punya saya, kok nanya kesitu, yang jawab mestinya yang punya blog disana

      Hapus
  28. Balasan
    1. Ini sudah gak dilanjut lagi, kecuali nanti saya beli blade & ngv nya serta bearing keramik, mgkin baru di beresin

      Hapus
  29. Salam kenal Gan,ini sangat menarik dan membuat penasaran.
    Mau nanya Gan,Kelebihan dan kekurangan Steam turbine dan Piston?
    Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal mendasar seperti ini lebih cocok ditanyakan ke google aja ya, lain hal kalau yg ditanyakan spesifik tentang mesin jet itu sendiri. Trims

      Hapus
  30. Ada no wa kah bro saya tertarik pembahasanya lebih mendalam

    BalasHapus
  31. Ada no wa kah bro saya minta dong saya tertarik pembahasan lebih lanjutnya nih 081333262739 itu no wa saya barangkali bikin group saya tlong di masukin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gk bikin grup pak, ini cuman sekedar hobi aja, salam kenal.

      Hapus