Jumat, 25 Agustus 2017

Membuat furnace/foundry mini & jet LPG (propane) torch untuk melting

Kali ini saya membuat sebuah set peleburan logam mini yang saya perlukan untuk membuat sesuatu bahan paduan bronze yang sangat sulit mencarinya di indonesia, kalaupun ada harus pesan minimal 300kg ke pihak pabrikan, dengan harga kisaran 250ribu sampai 350rb per kg... lumayanlah..  sedangkan pemakaian saya tidak sebanyak itu, karena yang saya butuhkan untuk membuat bearing bronze dengan kecepatan yang super high RPM, kalau yang dijual di toko hanya terbatas pada jenis bronze pasaran saja yaitu tipe LG2 atau C83600 & tipe AB2 atau C95800, yang mana keduanya tidak bisa dipakai sama sekali dalam pekerjaan saya..

Ok langsung saja.. saya memakai tabung bekas freon ac



Tabung saya potong, lalu potongan atas saya lubangi sebesar kaleng dempul 1/4 kg



Dan dibutuhkan pipa 2 inci untuk sebagai pemegang torch burner sekaligus lubang pembakarnya, dibuat lubang 3 buah & di taps buat pengancing torch serta dipotong miring untuk mengikuti posisi lubang dalam cetakan cor nantinya



Posisi pemasangan pipa harus agak miring kesamping supaya menghasilkan pusaran panas




Saya memakai semen mortar khusus tungku api SK36 yang katanya bisa tahan 1600 derajat... 

Sekarang lanjut ke pembuatan torch burner nya, saya memakai pipa 3/4 inci, 1 inci & 1 1/2 inci

Dibutuhkan sebuah kran yang saya ambil dari tabung freon & mig tip dari bekas brander potong yang nantinya akan menjadi nozzle gas LPG atau propana, mig tip nya disambung di pipa kecil sekitar 1/4 inci, saya pakai bekas pipa injektor mesin diesel



Setelah terpasang di torch


Foto diatas setelah saya forced dengan menggunakan hair dryer , tanpa forced pun bisa akan tetapi akan sangat tidak efisien karena membutuhkan bukaan kran yang besar yang mengakibatkan borosnya gas yang keluar dan juga waktu pembakaran menjadi lebih lama untuk mencapai suhu yang di inginkan.
Fungsi dari hair dryer disini adalah untuk mendapatkan campuran bahan bakar yang kaya dengan oksigen agar lebih menghasilkan panas yang maksimal




Untuk forced torch burner saya mau tidak mau membeli sebuah hair dryer 400 watt & adapter multivolt  yang murah yang kemudian saya modifikasi dengan membuang elemen pemanas nya ( sebab mengakibatkan boros nya listrik & juga udara yang harus melewati elemen pemanas buat pembakaran di torch menjadi kurang baik kualitasnya), karena dinamo didalam hair dryer itu pada dasarnya adalah dinamo arus DC makanya saya belikan adaptor DC
Berikut videonya:

Dan berikut ini adalah video sebelum perubahan desain pada torch burner nya & tanpa di forced dengan hair dryer


Desain seperti ini sangat boros gas & sangat tidak efisien... 

Berikut hasil peleburan saya...



Komposisi : Copper cu 75%, Tin sn 5% & Lead pb 20%, menjadi kan nya sebuah paduan bronze anti Seizing ,anti Friction & yg terpenting tahan terhadap ketidak teraturan poros dalam kondisi lingkungan keras yang tak kenal ampun dimana bisa terjadi kehilangan batas pelumasan, menjadikannya lebih baik dari bronze yg ada dipasaran. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar