Rabu, 24 Juni 2015

Membuat Mesin Bubut Mini

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini... Pada artikel ini saya mau berbagi pengalaman membuat mesin bubut mini yang sudah lama sekali saya kerjakan.. Kalau gak salah sekitar 2009 - 2010 tepatnya saya sudah lupa, itu pun gak sempat di foto foto... karena gak kepikiran nantinya akan membuat sebuah blog yang baru saja saya buat tahun ini... mesin begini gampang sekali di buat dan dirancang, dengan melihat foto pasti para perancang mesin sudah mengerti dan paham betul cara kerja mesin sederhana seperti ini...

Sayang nya waktu itu saya tidak sempat memfoto proses pengerjaannya...  Mesin ini sebenarnya saya buat atas permintaan seorang teman yang mempunyai usaha bilyard di daerah saya.. Kebetulan sudah almarhum..  Beliau kesulitan untuk meraut atau menajamkan sebuah stik bilyard yang patah, pernah di raut dengan cara kerja seperti rautan pensil tetapi hasilnya gak center dan gagal... stik bilyard yang dibubut dengan memakai mesin ini dapat diperkecil lagi untuk memasang Master Tip / Cue Tip walaupun dengan resiko stik menjadi menjadi pendek... 

Sebenarnya ini juga bukan hanya bisa membubut stik bilyard saja... untuk membubut yang lain juga sangat bisa kok...

Ok guys... Ini bahan bahan utama membuat mesin bubut mini.... :

1. Ragum Cross ( yang bisa maju mundur dan kiri kanan )

2. Fillow Block 2 buah ( saya gunakan diameter 25 mm )

3. Dinamo bekas  1 phase ( ukurannya dan jenisnya terserah.. saya pakai bekas alkon air )

4. Pully cor satu jalur 10 inci  ( untuk dipasang di as catok bubut )

5. Pully cor satu jalur 2 inci  ( untuk dipasang di dinamo )

6. Catok bubut  ( saya pakai ukuran 4 inci )

7. V- Belt ( sesuai ukuran )

8. Bearing 2 buah / ukuran 40mmx10mmx8mm ( ini berfungsi sebagai Brill belakang karena panjang nya stik bilyard )

9. 1 Buah sakelar On Off

Itu lah bahan bahan utama membuat mesin Bubut mini... Untuk perbandingan nya saya hitung  begini...  Umumnya dinamo 1 phase mempunyai Speed 2950 /menit, jadi tinggal saya bagi 5 saja yaitu dengan memberi dinamo dengan pully 2 inci dan memberi as catok bubutan 10 inci... maka yang didapat adalah perbandingan 5 : 1 ... artinya lima kali dinamo berputar maka as catok bubutan hanya satu kali saja... ( 2950 : 5 = 590 Rpm )  maka bubutan akan berputar 590 kali per menitnya... cukuplah untuk membubut sebuah kayu... hehehhee

Untuk bahan bahan lain sangat mudah ditemukan, yakni UNP atau siku L saja untuk membuat pondasi kerangkanya... Gampang kok dibuat... dengan budget gak sampai 1 juta saja waktu itu saya membuat mesin seperti ini... cocoklah buat pemula yang penasaran ingin membuat suatu mesin yang berfungsi...  ( apalagi sebagai mahasiswa yang membutuhkan materi untuk tahap akhir... hehehhehe)

Berikut Foto mesin bubut mini nya :



Fungsi ragum Cross untuk menjepit pahat bubut dan berfungsi seperti bed mesin bubut pada umumnya...   Dan as catok bubut berlubang agar dapat dimasukkan benda yang diameternya sesuai...  ( disini saya hanya menggunakan pipa saja )

Dan Ini foto Brill Belakangnya



Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para engineer untuk dapat berkreasi sesuai keinginan masing masing... 

Terus terang sebenarnya telah banyak mesin yang saya buat sendiri dan semua telah terjual tetapi tidak sempat di foto, namun saya akan tetap berbagi ilmu dengan para saudara se tanah air... Amiiinnnn....

Salam dari blog Tehnik biasa dan sederhana... Thanks...








30 komentar:

  1. pak, kl buat alat untuk ukir / potong logam bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik menggunakan alat buatan pabrik bos dari pada rakitan seperti ini...

      Hapus
    2. Orang irang yg cerdas dan mau membuat karya nyata seperti ini mas yg di butuhkan indonesia saat ini di banding mas irawan tech yg cuma bisa nyindir saja ..

      Hapus
    3. siapa yg menyindir siapa mas gan..

      Hapus
  2. rencananya saya akan membuat alat seperti ini guna keperluan Tugas Akhir di Politeknik saya. kira" biaya pembuatan mesin ini berapa yah ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak sampai 1 juta.. bisa gunakan yg bekas2 saja asalkan bisa berfungsi... apalagi untuk TA sebaiknya cermat dalam memilih materi tugas... itu aja saran dr sy..

      Hapus
    2. Pesan d bikinkan tanpa dinamo brp biayanya pak

      Hapus
    3. bikin sendiri aja mas, mudah kok , nanti sy kasih ukurannya kalau mau

      Hapus
  3. bisa kasi info mas harga dan dimana jual Catok bubut yang murah? atau bisa di tempa di las bubut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. catok bubut gak bisa dibikin, kecuali pabrikan yg bikin. harganya mana ada yg murah.. kalau ada murah ya barang bekas tentunya

      Hapus
  4. Hahah.....amati judul gan irawan tech sebelum komentar disini cara membuat ragum mini bukan cara membeli ragum mini.....LOL

    BalasHapus
  5. pak Klw pasang DROnya aja buat mesin bubut atau milling. bgmn caranya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau dro sy mah kurang begitu mendalami, jarang sy pegang mesin cnc, dulu aja waktu sekolah... sy main yg manual

      Hapus
  6. Pak...Kalau saya mau pesan Jadi bagaimana caranya ya...mohon bantuannya saya minta cp nya atau Wa ...ini co saya Budi jbc 081294021292

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat fb aja pak ngobrolnya... nanti sy kasih no wa sy lewat inbox...

      Hapus
  7. Mas ajarin buatnya dong mau buat TA nih

    BalasHapus
  8. Kl harga catok bubut ukuran 4inc itu kisaran berapa ya bang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. mas, saya minat pesan alat seperti ini juga, buat reparasi stik billiard, kalau mas nya bersedia bisa hubungi saya lewat no. hp/WA 085786464866

    BalasHapus
  11. Kalau pesan buatkan mesin gasing bisa nGga bos..

    BalasHapus
  12. Kalau pesan buatkan mesin gasing bisa nGga bos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa itu mesin gasing bro? Gak pernah liat saya yg namanya gasing, atau seperti yoyo gitu?

      Hapus
  13. Hebaat bos. Cuma untuk beli peralatan yg namanya asing buat saya, dimana ya?

    BalasHapus
  14. Hebaat bos. Cuma untuk beli peralatan yg namanya asing buat saya, dimana ya?

    BalasHapus
  15. Beli chuck kecil ny dmna dan brp ya hrgany

    BalasHapus
  16. Bang tolong jelaskan lebih rinci lagi,dari alat dan bahan, dan proses hingga finishing nya bang .mau buat TA ni. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu udah sangat rinci bahan2 nya bang.. nanti yg perlu dibawa ketukang bubut cuman pipa untuk shaft catok aja, sesuai ukuran fillow block nya, masalah dimensi ukuran bisa berkreasi sendiri

      Hapus